Komunitas Linux Kernel dalam tiga tahun terakhir ini berkembang pesat, di mana selain Linux Torvalds, kini orang juga mengenal sosok Al Viro yang berhasil memberikan kontribusi sekira 1571 perubahan dalam Linux Kernel tersebut.

Linux Kernel merupakan inti dari sistem operasi open source Linux, dimana, berdasarkan laporan the Linux Foundation, kontribusi yang diberikan oleh Al Viro jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Linux Torvalds yang dikenal sebagai pendiri Linux.

Laporan Linux Foundation menyebut bahwa Linux Torvalds hanya mampu memberikan kontribusi perubahan 495 buah pada Linux Kernel.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, The Linux Foundation mencatat sekira sepuluh individu yang telah memberikan kontribusi, kurang lebih 15 persen dari Kernel, dan 30 pengembang memberikan kontribusi sekira 30 persen.

Salah satunya Jim Zemlin, memuji kontribusi pribadi itu karena sekira 3700 pengembang dari 200 perusahaan telah tercatat memberikan kontribusinya sejak 2005 silam. Laporan tersebut membagi kontributor dalam beberapa kategori dimana perubahan Linux Kernel menduduki peringkat teratas dengan 13.9 persen.

Untuk kategori perusahaan, seperti dilansir PCWorld, Sabtu (12/4/2008), Red Hat menduduki peringkat pertanma dengan 11.2 persen diikuti oleh Novell 8,9 persen, IBM 8,3 persen, Intel 4,1 persen dan the Linux Foundation 3,5 persen. Kontribusi terkecil diberikan oleh Oracle 1,3 persen dan Fujitsu 0,5 persen.

Melalui emailnya, Greg Kroah-Hartman, yang merupakan salah satu dari 30 penyumbang pribadi mengaku sangat senang meskipun sumbangan itu merupakan bagian dari profesinya sebagai pegawai di Novell. Sepakat dengan Zemlin, Kroah-Hartman mengakui bahwa pengembangan Linux Kernel kini semakin pesat