13 – 03 – 2008

Setting Modem ADSL untuk koneksi internet dengan dua Line Speedy, di BorneoNet Belimbing Padang.

Awalnya warnet ini menggunakan hanya satu line speedy sekitar dua bulan yang lalu, untuk manajemen bw nya telah saya instal mikrotik dengan squid dan proxy di satu mesin dengan banyak client komputer 9 unit.

Karena permintaan pelanggan akan koneksi game online maka ownernya berinisiatif untuk menambah satu line speedy lagi. Maka didiskusikan lah dengan saya, saya katakan kalau untuk kestabilan koneksi game online kita harus menambah satu mesin lagi yaitu Load Balance Router. dan juga komputer client yang semuala 9 unit ditambah 5 unit lagi menjadi 14 unit.

Setelah alatnya lengkapa mulailah saya coba oprek2 modem adsl, yang pertama D-Link DSL 520 T dan SANEX ADSL SA 5100. Kedua modem tersebut saya sambungkan ke Load Balance Router, tidak terdapat kendala berarti, hanya saja koneksinya masih belum stabil.

Settingan untuk koneksi masing2 modem saya buat PPoE dengan VCI 8 dan VPInya 81 langsung menggunakan user name dari telkom dan password yang telah dirubah. Modem 1 masuk ke WAN 1 dan Modem 2 masuk ke WAN 2 di Load Balance Machine.

Oh iya hampir lupa untuk merek Load Balance nya kami gunakan TP-Link T480+ dengan spesifikasi 2 WAN 3 LAN, artinya koneksi line untuk isp 2 buah dan local network 3 buah, kalau tidak salah kisaran harganya sekitar 1,5 juta.

Untuk hari pertama ini sengaja tidak saya instal router, saya cuma mencoba koneksi nya saja apakah cukup stabil, setelah di tes menggunakan website http://www.speedtest.net didapatkan up streamnya 101 kbps dan down streamnya 500 kbps, lumayan lah namanya juga speedy.

14- 03 – 2008

Setelah hari kedua saya coba untuk instal router ternyata ndak konek bro. Udah semalaman ngeceknya ternyata mac addresnya yang bentrok. 24 jam ndak tidur ni mikirinnya. Kata teman yang dipekanbaru coba cek card lan nya lagi biasanya itu maslahnya. Saya cek eh nemu deh, akhirnya selesai juga satu permasalahan. Ini gua kerjain dari tanggal 14 malam sampe 17 pagi lho. Seneng juga berhasi, tenyata gua pinter juga. Kelar juga kerjaan, ndak sia sia perjuangan melelahkan selama beberapa hari ini.

17 – 03 – 2008

Cek koneksi bro, apa masih ada maslah atu ndak, mudah-mudahan aja ndak ada masalah. Ok see u guy….!